Rabu, 02 Desember 2015

 Nih, ceritanya dulu ane dapet tugas dari Dosen ane nih utk membuat makalah Manajemen Pemasaran dengan tema Strategi dan Konsep Pemasaran Suatu Produk.. nih kalo kalian ingin liat hasil makalah ane..



MAKALAH
KONSEP & STRATEGI PEMASARAN INDOMIE MERAJAI PASAR MIE INSTANT


Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Manajemen Pemasaran 1




Disusun Oleh :

1.      Ahmad Fatkhul Arif               NIM : 14340054
2.      M. Fathir                                 NIM : 14340060
3.      Muhammad Syahruddin        NIM : 14340091      
4.      Syahrir Wahyu D. R.             NIM : 14340101

Dosen Pengampu : Bp. Misbachul Munir, SE, MM.

FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS SUNAN GIRI SURABAYA
2015


KATA PENGANTAR

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan tugas makalah dari dosen Bapak Misbachul Munir, SE, MM, dengan judul  “Konsep & Strategi Pemasaran Indomie Merajai Pasar Mie Instant”.

    Makalah ilmiah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.
  
    Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ilmiah ini.
  
    Akhir kata kami berharap semoga makalah “Konsep & Strategi Pemasaran Indomie Merajai Pasar Mie Instant” ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca sekalian.
  


Sidoarjo, 28 Oktober 2015
  


                                                                                                            Penyusun




DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL …………………………………………………………………………………  i
KATA PENGANTAR ………………………………………………………………………………  ii
DAFTAR ISI ………………………………………………………………………………………….  iii
BAB I    PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang ……………………………………………………       iv
1.2         Rumusan Masalah ………………………………………………...        iv
1.3         Tujuan Penulisan ………………………………………………….        iv
1.4         Metode Penulisan …………………………………………………        v
1.5         Kegunaan Penulisan ………………………………………………        v
1.6         Sistematika Penulisan ……………………………………………..        v

BAB II   PEMBAHASAN

              2.1     Sejarah Indomie ……….. ………………………………………..          1
              2.2     Visi dan Misi ……………………………………………………..         2
              2.3     Internal Assessment………………………………………………          2
              2.4     Corporate Social Responsibility (CSR)…………………………..          2
              2.5     Strategi 3A ……………………………………………………….         3
              2.6     Marketing Mix ……………………………………………………         3
              2.7     Segmenting, Targeting, Positioning ……………………………....         4
              2.8     Kompetisi Pasar …………………………………………………..         5
              2.9     Analisis SWOT Produk Indomie …………………………………         6
              2.10   Keunggulan Indomie Dibanding Merk Mie Instant Lain
                        (Value Preposition) ……………………………………………….         8
              2.11   Penghargaan yang diperoleh Indomie ………………………….....        9
              2.12   Pengembangan Produk ……………………………………………      10
             

BAB III PENUTUP

              3.1     Kesimpulan ………………………………………………………..      11
              3.2     Saran ……………………………………………………………….     11
             

DAFTAR PUSTAKA …………………………………………………………………………………       12



BAB I
PENDAHULUAN

1.1.    Latar belakang
          Perubahan gaya hidup  sering kali mempengaruhi pola konsumsi masyarakat. Salah satu dari perubahan itu adalah digemarinya mie instan sebagai makanan substitusi nasi. Bahkan kian hari produk ini kian menjadi makanan pilihan konsumen, karena selain praktis dan harganya terjangkau, mie instan juga cukup mengenyangkan perut.
          Perkembangan produksi mie instan di Indonesia memperlihatkan suatu peningkatan yang positif, walaupun pada tahun 2006 sempat mengalami suatu penurunan produksi. Secara kuantitas, produksi mie instant dari tahun ke tahun mengalami kenaikan dengan tren yang positif. Hal ini menunjukkan suatu prospek yang cukup baik bagi industri mie instan ini pada masa yang akan datang. PT. Indofood Sukses Makmur menjadikan mutu dan kepuasan pelanggan sebagai basis bagi perencanaan yang dilakukan oleh perusahaan. Oleh karena itu keinginan dan kebutuhan konsumen harus diperhatikan oleh produsen karena kebutuhan ini akan senantiasa berubah. Perkembangan produk mie instan yang sudah dianggap sebagai makanan cepat saji dan bahkan sebagai makanan pokok, menyebabkan tingkat persaingan pada industri mie instan ini semakin tinggi.

1.2.    Rumusan masalah
          Dengan latar belakang yang telah ada maka penulis dapat menemukan perumusan masalah yaitu membahas tentang “Konsep & Strategi Pemasaran Indomie Merajai Pasar Mie Instant”.

 1.3.   Tujuan Penulisan
          Adapun  tujuan dari penulisan makalah ini adalah sebagai  untuk mengetahui dan memahami tentang apa itu “Konsep & Strategi Pemasaran Indomie Merajai Pasar Mie Insatant”.




1.4.    Metode penelitian
          Dari hasil penelitian data – data di atas, penulisan makalah ini menggunakan metode:
·       Kepustakaan, mencari bahan kajian pada buku yang bersangkutan mengenai masalah yang dibahas.
·   Browse and search internet, mencari bahan kajian pada website yang bersangkutan mengenai masalah yang dibahas.

1.5.    Kegunaan Penelitian
          Hasil karya tulis ini diharapkan dapat berguna khususnya bagi penulis sendiri serta bagi para pembaca umumnya.

1.6.    Sistematika Penulisan
          Karya ilmiah  ini tersusun dalam 3 (tiga) Bab, yaitu: Bab I memuat Pendahuluan yang berisi: latar belakang, rumusan masalah, tujuan penulisan, kegunaan penelitian, dan sistematika penulisan. Bab II memuat uraian tentang hasil penelitian. Bab III memuat kesimpulan dan saran.


BAB II
PEMBAHASAN

2.1     Sejarah Indomie
          Indomie adalah merek produk mi instan dari Indonesia. Di Indonesia, Indomie diproduksi oleh PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Produk dari perusahaan milik Sudono Salim ini mulai dibuat pertama kali pada tanggal 9 September 1970 dan dipasarkan ke konsumen sejak tahun 1972, dahulu diproduksi oleh PT. Sanmaru Food Manufacturing Co. Ltd., dan pertama kali hadir dengan rasa Ayam dan Udang. Selain dipasarkan di Indonesia, Indomie juga dipasarkan secara cukup luas di manca negara, antara lain di Amerika Serikat, Australia, berbagai negara Asia dan Afrikaserta negara-negara Eropa; hal ini menjadikan Indomie sebagai salah satu produk Indonesia yang mampu menembus pasar internasional . Di Indonesia sendiri, sebutan “Indomie” sudah umum dijadikan istilah generik yang merujuk kepada mi instan.
          Indomie diklaim sebagai makanan yang sehat dan bergizi oleh produsennya. Produk mi instan ini disebut memiliki berbagai kandungan gizi seperti energi, protein, niasin, asam folat, mineral zat besi, natrium, dan berbagai vitamin seperti vitamin A, B1, B6, dan B12. Meskipun begitu, konsumsi Indomie yang terlalu sering tidak dianjurkan, sebab Indomie mengandung pewarna tartrazine yang tidak baik bagi kesehatan apabila dikonsumsi dalam jangka panjang.
          Selain dipasarkan di Indonesia, Indomie juga dipasarkan secara cukup luas di manca negara, antara lain di Amerika Serikat, Australia , berbagai negara Asia  dan Afrika  serta negara-negara Eropa , menjadikan Indomie sebagai salah satu dari segelintir produk asli Indonesia  yang mampu menempus pasar internasional. Di Indonesia sendiri, sebutan “Indomie” sudah umum dijadikan istilah generik yang merujuk kepada mi instan.
          Harga Indomie yang ekonomis dan cita rasanya yang telah disesuaikan dengan selera Indonesia membuat produk mi instan ini sangat digemari oleh masyarakat. Bahkan, tidak jarang warga Indonesia yang melakukan perjalanan ke luar negeri membawa Indomie untuk mengatasi masalah ketersediaan makanan yang praktis dan sesuai dengan selera Indonesia. Kepraktisan dalam penyajiannya dan mudahnya pendistribusian membuat Indomie menjadi andalan warga Indonesia  saat terjadi tragedi bencana alam  untuk mengatasi masalah keterbatasan dan kelangkaan bahan pangan di lokasi dengan segera.

2.2     Visi dan Misi
Visi
“To Become a Total Food Solutions Company”
Visi Indofood adalah visi yang jelas dimana PT Indofood berusaha untuk selalu total dalam operasinya dan memberikan solusi dari kebutuhan yang ada.
Misi
1.    Untuk terus meningkatkan rakyat kami, proses dan teknologi kami
2.    Untuk menghasilkan kualitas tinggi, inovatif, dan produk terjangkau yang disukai oleh pelanggan
3.    Untuk memastikan ketersediaan produk kami kepada pelanggan domestik maupun internasional
4.    Untuk memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas hidup orang Indonesia dengan penekanan pada gizi
5.    Untuk terus meningkatkan nilai bagi pemangku kepentingan

2.3.    Internal Assessment
Value and Culture
          Nilai – Nilai budaya yang diterapkan baik pada Indofood maupun Indomie terkandung dalam Credo : Dari semboyan yang menunujukan nilai perusahaan ini, Indofood ingin menunjukan bahwa mereka adalah perusahaan yang ingin selalu memenuhi dan memuaskan kebutuhan konsumen yang merupakan faktor yang menentukan kesuksesan perusahaan, melalui staff yang handal yang merupakan asset terbesar yang dimiliki oleh Indofood, dan dengan didukung melalui inovasi-inovasi yang terus dilakukan, untuk mencapai hasil yang excellence dengan mengandalkan kinerja tim.

2.4.    Corporate Social Responsibility (CSR)
          Indofood Corporate Social Responsibility (CSR) program andalan dari komitmen untuk membantu anggota masyarakat yang lebih luas dan untuk membuat kontribusi yangoptimal kepada masyarakat.Selama tahun 2007 Indofood secara keseluruhan program dikembangkan dan dilaksanakan berdasarkan lima pilar dasar jangka panjang kami CSR filosofi: Membangun Human Capital, Mempertahankan Kohesi Sosial, Memperkuat Nilai Ekonomi, Mendorong Good Governance, Melindungi Lingkungan.

2.5.    Strategi 3A
          Begitu kuatnya citra Indomie di pasar sehingga sebagian masyarakat menganggap seolah setiap mie instan itu adalah Indomie (Indomie menjadi Top of Mind mie instan). Dalam Top Brand Index (TBI) periode 2006-2008, Indomie menduduki posisi pertama dengan TBI berturut-turut 65,8% , 66,5% , dan 71,4% pada tahun 2006, 2007, dan 2008 (David, S.S., 2008,  Majalah Marketing-Edisi Khusus TOP BRAND). Meskipun sempat turun di tahun 2006 karena serangan mie Sedaap, kemudian terus memperlihatkan keperkasaannya. Bahkan di tahun 2012 ini, indeksnya mencapai 77,9 Keberhasilan Indomie terus bercokol di urutan teratas Top Brand adalah berkat konsistensi Indomie dalam menjalankan strategi kunci 3A:
a)    Acceptability, yaitu rasa Indomie yang sudah bisa diterima di lidah konsumen (Product)
b)   Avalaibility, produk Indomie mudah diperoleh dimana saja (Place)
c)    Affordability, tercermin dari harga eceran Indomie yag terjangkau (Price) 

2.6.    Marketing Mix
·            Product
Satu Bungkus Indomie standard memiliki massa 85 gram, dan terdapat 2 sachet berisi 5 bumbu-bumbu yang disertakan, yakni: kecap manis, saus sambal, minyak palm, bubuk perasa dan bawang goreng, selain itu juga tersedia dalam versi jumbo dengan massa 120 gram. Produk yang diproduksi oleh Indomie adalah mie berkualitas tinggi dengan berbagai macam varians. Ada Indomie goring, Indomie rasa soto, Indomie Kari Ayam, dan bahkan ada Indomie citarasa tradisional seperti rasa Cakalang, soto Betawi dan soto Madura, selain itu juga ada Indomie duo dan Indomie goreng Premium. Hal tersebut menunjukan bahwa Indomie ingin terus memberikan mie yang berkualitas kepada konsumennya, dengan juga terus melakukan inovasi untuk menghasilkan cita rasa mie yang sesuai dengan selera konsumen.



·            Price (Harga)
Indomie selain dapat dibeli perbungkus, dapat juga dibeli dengan paket 5 bungkus atau paket 1 kardus berisi 30 atau 40 indomie. Harga Indomie juga sangat murah dan terjangkau bagi semua kalangan masyarakat, di Indonesia, perbungkus indomie dihargai hanya sekitar Rp. 1700,- .
·            Place
Group Distribusi Indofood memiliki jaringan distribusi terluas di Indonesia, menembus sampai hampir ke setiap sudut kepualuan. Jumlah titik stok (gudang) semakin diperbanyak secara agresif sejak tahun 2005, sehingga mampu menyediakan penetrasi yang lebih luas melalui rantai suplai dan penghantaran. Gudang stok ditempatkan pada area-area yang memiliki outlet retail yang banyak, termasuk pasar tradisional, sehingga setiap gudang dapat melayani masing-masing area geografis dalam waktu yang sesingkat mungkin (www.indofood.com ). Di Yogyakarta agen-agen Indofood juga bekerjasama dalam menyediakan Indomie dengan warung-warung seperti Burjo (warung yang menyediakan bubur kacang hijau dan mie instan/mie goreng sebagai menu utama).
·            Promotion
1.    Tagline: Indomie Seleraku
2.    Iklan    : billboard, iklan TV, sponsor acara
3.    Event   : Indomie menggelar ajang membuat lagu ”jingle” untuk pelajar SMA, acara tersebut berjudul Jingle Dare, yang berlangsung pada 24 April 2008.
4.    Pembuatan Shop Sign (Spanduk Nama Burjo dengan tema Indomie untuk setiap Burjo di Yogyakarta).

2.7.      Segmenting, Targeting, Positioning
·            Segmenting
1.         Geografis     : wilayah seluruh Indonesia, dari kepadatan tinggi sampai rendah.
2.         Demografis  :  jenis kelamin (semua), agama (semua), pekerjaan (semua), pendidikan (tidak ada batasan), ras (tidak ada batasan).
3.         Psikografis  :  gaya hidup konsumtif, praktis dan hemat.
4.         Perilaku        :  tingkat pemakaian tinggi hingga rendah, loyalitas konsumen, tujuan penggunaan.



·            Targeting
Target pasarnya dalah semua umur kecuali balita.
·            Positioning
1.    Menanamkan di benak konsumen bahwa indomie adalah mie-nya orang Indonesia, dengan cita rasa Nusantara dari berbagai daerah, sehingga sesuai dengan taglinenya “Indomie Seleraku”.
2.    Mie instant yang praktis dan nikmat untuk dikonsumsi, dapat dihidangkan dengan lauk pauk lainnya.

2.8     Kompetisi Pasar
          Hampir selama 4 dekade Indomie menjadi penguasa mutlak pasar mie instant Indonesia. Pada tahun 2002 Indomie menguasai  90% pangsa pasar sebagai dominantmarket leader, Indofood sempat terlena me-maintain pasarnya sehingga kesempatan ini dimanfaatkan oleh pendatang baru Mie Sedaap dari WingsFood dan Mie Kare dari Orang Tua Group.
          Persaingan cepat ini mengakibatkan Indomie kehilangan sebagian pangsa pasarnya. Market share yang mencapai 90% menjadi 70%.. Penjualan Indofood tetap naik, namun ada sebagian pasar – bisa jadi konsumen baru – yang direbut oleh merek baru. Sehingga di pasar yang sebenarnya tumbuh, pertumbuhan pasar Indofood – karena besarnya – tidak mampu mengimbangi pertumbuhan pasar secara total. Menyadari hal ini, Indofood ”bangkit” dari tidurnya. Raksasa mie instant ini mengerahkan seluruh brand-nya untuk bertahan dan mengembalikan market shareyang direbut kompetitor.
          Indofood sebetulnya pernah bereaksi atas serangan Mie Sedaap dengan meluncurkan Indomie Kriuk, varian baru Supermi Sedaaap, dan gimmick ”Beli 5 Gratis 1” dalam rentang waktu yang cukup panjang. Reaksi Indofood yang cenderung impulsif ini dinilai para pengamat kurang strategis, terlalu pragmatis, ”terjebak permainan challenger”–kesalahan yang sering dilakukan oleh big brands. Tidak mau tersandung di batu yang sama untuk kedua kalinya, tahun ini Indofood meluncurkan strategi marketing yang lebih komprehensif yang lebih menunjukkan jati diri Indofood sebagaimarket leader. Hampir semua brand dalam portfolio-nya disegarkan kembali dengan kampanye baru maupun peluncuran produk baru. Indomie disegarkan dengan kampanye ”Selera Nusantara” yang lebih modern. Sarimi lebih difokuskan untuk membendung produk unggulan Mie Sedaap Soto Ayam—dengan meluncurkan produk Sarimi Soto Koya yang di-endorse oleh Luna Maya.
          Sementara Supermi disegarkan dengan meluncurkan produk baru: mie goreng rasa soto (GoSo), rasa bawang (GoBang), dan rasa kari (GoKar). Indofood juga menggunakan Slank untuk meng-endorse Supermi—Supermi tampaknya akan dijadikan brand unggulan kedua Indofood setelah Indomie yang menyumbang hampir separuh omset divisi noodle Indofood. Akan halnya Pop Mie, meskipun saat ini bisa dibilang melenggang sendiri tanpa head on competitor, Indofood sudah mengantisipasinya dengan upaya building brand melalui kampanye dan promosi di kalangan remaja.
          Indomie juga turut mengusung tema “bergizi” seperti halnya yang dilakukan oleh competitor utamanya yaitu mie sedaap.  Kelemahannya adalah kurangnya maintain dalam program tersebut. Kemiripan  target market produk Indofood group yakni Supermi, Pop Mie menyebabkan terjadinya kanibalisme atau ”perang saudara” antara sesama brand Indofood.
          Pada tahun 2002 Indofood masih menguasai pasar mie sebesar 90%. Begitu Mie Sedap masuk pada Mei 2003, dengan rasa baru, harga kompetitif, dan promo yang gebyar, pangsa pasar Indofood mulai goyah. Pada 2006 pangsa pasar Indofood turun, diperkirakan menjadi sekitar 75%–25% sisanya diperebutkan oleh pesaingnya. Namun dengan strategi yang tepat per data tahun 2012 Indomie kembali menguat dengan posisi market share 77,9 %. Mie Sedaap terus gencar melakukan promosi yang tidak hanya di above the line tetapi juga intense dalam tataran trade marketing. Strategi Mie Sedaap antara lain dengan mengakuisisi warung-warung/ retailer Indomie.

2.9.    Analisis SWOT Produk Indomie
·       Strength ( Kekuatan )
1.    Keahlian dalam cita rasa Indonesia
2.     Produksi rendah biaya
3.    Jangkauan distribusi luas
4.    Kecepatan dalam menjangkau konsumen
5.    Brand yang sudah terkenal



·       Weakness (Kelemahan)
1.    Terlalu banyak Brand yang dikeluarkan
2.    Terlalu banyak inovasi rasa yang dibuat oleh Indofood
3.    Permintaan pasar yang belum terpenuhi
4.    Mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh seperti MSG
·       Threat (Ancaman)
1.    Ketatnya persaingan yang dilakukan pesaing dalam hal iklan maupun inovasi
2.    Tidak fokus terhadap satu jenis produk
3.    Penelitian-penelitian yang dilakukan oleh para ahli gizi mengeni kandungan zat yang ada di Indomieterhadap produk lain
4.     Menciptakan mie dengan bahan-bahan yang lebih sehat seperti bahan-bahan organik
·       Opportunity (peluang)
1.    Melakukan ekspansi ke luar negeri
2.    Melakukan join dengan perusahaan yang memiliki produk yang sejenis
3.    Melakukan diversifikasi terhadap produk lain
·       Political.
1.    Pemerintah yang menaikan harga bahan baku, dampaknya harga produk indomie akan naik atau juga ukurannya menjadi lebih kecil dengan harga tetap. (-)
2.    Pemerintah yang menaikan harga bahan bakar atau BBM akan berdampak pada peningkatan ongkos produksi, maka biaya ongkos produksinya meningkat. (-)
·       Economy.
Ketika gejala inflasi sedanng melanda, penjualan indomie bias dikatakan stabil karena harganya yang terjangkau bagi semua kalangan masyarakat. (+)
·       Social.
1.    Gaya hidup masyarakat yang ingin praktis, maka kesempatan indomie untuk memasarkan produknya lebih luas dengan varian terbaru. (+)
2.    Orang zaman sekarang yang lebih suka makanan herbal (tidak mengandung bahan kimia) akan berfikir ulang untuk membeli indomie yang mengandung MSG. (-)



·       Technology
1.    Fokus pemerintah yang sangat mendukung kemajuan teknologi sangat berpengaruh karena indomie bisa diproduksi lebih banyak lagi tiap harinya. (+)
2.    Dengan kemajuan teknologi kita dapat mempromosikan indomie varian – varian terbaru memanfaatkan teknologi internet. (+)

2.10.    Keunggulan Indomie Dibanding Merk Mie Instant Lain (Value Preposition)
1.    Indomie menawarkan berbagai cita rasa selera nusantara dari Sabang sampai Merauke.
2.    Mie Indomie terbuat dari tepung bogasari yang dikenal bermutu tinggi
3.    Rasa bumbu yang khas dengan kualitas yang premium
4.    Komitmen dari Masyarakat terhadap Indomie, contoh:

Æ      Sebutan Indomie dijadikan istilah generic yang merujuk kepada semua merek mie instant di Indonesia.
Æ      Banyak orang membawa Indomie saat bepergian ke luar negeri, bila makanan di luar negeri tidak cocok.
Æ      Saat terjadi bencana alam, orang Indonesia sering menyumbang mie instant seperti Indomie.
Æ       Untuk beberapa orang, Indomie menjadi makanan pokok dan dimakan dengan nasi putih sebagai lauk.
Æ      Ekuitas Pelanggan Indomie yang Tinggi
Æ      Indomie memiliki harga yang terjangkau bagi konsumen, tanpa mengurangi standard kualitasnya.
Æ      Indomie telah memiliki brand image dan barand awareness yang sudah melekat di pikiran konsumen mie instant di Indonesia.
Æ      Indomie memiliki pelanggan yang setia. Kesetiaan pelanggan indomie dapat terbentuk melalui pembentukan komunitas ataupun program perlakuan khusus, contohnya: Indomie Jingle Dare dimana secara tidak langsung meningkatkan kesetiaan pelanggan.




2.11.  Penghargaan yang diperoleh Indomie
·       2010
Top Brand Award 2010 – Indomie, Outstanding Achievement in Building the Top Brand: Most Powerful Distribution Performance 2009–Indomie, The Most Powerful Distribution Performance
·       2009
Top Brand Award 2009 – Indomie, Outstanding Achievement in Building the Top Brand: Most Powerful Distribution Performance 2009 – Indomie, The Most Powerful Distribution Performance; The Most Powerful Distribution Performance 2009 – Indomie, The Most Powerful Brand Index; Indonesia Best Brand Award 2009 – Indomie, Platinum Brand Award, Achievement of Indonesian Best Brand Award for 7 Consecutive Years (2003-2009); Indonesian Customer Satisfaction Award 2009 – Indomie, Diamond Award, The Best in Achieving Total Customer Satisfaction for 9 Years (2001-2009); The Most Impactful Brand Activation 2009 – Indomie Jingle Dare, The Most Interactive Road Show Activation; Indonesia Best Packaging Award 2009 – Indomie Rasa Soto Betawi, First Place of The Most Environment-Friendly Packaging, The Most User-Friendly Packaging and The Safest Packaging
·       2008
Indonesia Customer Satisfaction Award (ICSA); Indonesia Best Brand Award (IBBA); Superbrands; Top Brand; Indonesia Best Packaging Award (As The Most Safety Indonesia Best Packaging); Indonesia Best Packaging Award (As Best of The Best Indonesia Best Packaging); The Most Powerful Distribution Performance; The Most Effective Ad
·       2007
Top Brand; Indonesia Customer Satisfaction Award (ICSA); Indonesia Best Brand Award (IBBA); Anugerah Asli Produk Indonesia (AAPI); The Most Powerful Distribution Performance
·       2006
Superbrands; Indonesia Customer Satisfaction Award (ICSA); Indonesia Best Brand Award (IBBA); Indonesia Customer Loyalty Award; The Most Powerful Distribution Performance; Anugerah Asli Produk Indonesia (AAPI)
·       2005
Guinness World of Record – The Largest Pack of Instant Noodles; Indonesia Customer Satisfaction Award (ICSA); Indonesia Best Brand Award (IBBA); Indonesia Customer Loyalty Award; Packaging Consumer Branding Award (Gold)
·       2004
Superbrands; The Best Local Brand; Food, Tobacco & Restaurant; Indonesia Customer Satisfaction Award (ICSA); Indonesia Best Brand Award (IBBA); Top Brand for Kids
·       2003
Indonesia Customer Satisfaction Award (ICSA); Indonesia Best Brand Award (IBBA)

2.12.  Pengembangan Produk
Product Development: Indomie Cabe Ijo
Idenya adalah, menggagas Indomie dengan konsep hidup sehat. Dengan identifknya produk Indomie terhadap MSG, maka Indomie mengusung produk yang bernuansa Hijau (Go Green) yakni Indomie Goreng Cabe Ijo. Terbukti pada bulan Juni 2013 Indomie “Goreng Cabe Ijo” berhasil mendapatkan penghargaan “Peduli Gizi 2013”.



BAB III
PENUTUP

3.1     Kesimpulan
          Brand Name yang telah melekat di masyarakat membuat Indomie tetap menjadi Market Leader produk mie instant di Indonesia. Walaupun terjadi persaingan yang sangat ketat, baik dengan grup Indofood itu sendiri (Sarimi, Supermie, Pop Mie) maupun Wingsfood (Mie Sedaap) dan brand-brand lain, yang melakukan strategi pemasaran yang sangat gencar yang patut untuk diwaspadai oleh Indomie. Berbagai inovasi dilakukan untuk mempertahankan posisinya sebagai Brand Market Leader, salah satunya adalah keluarnya produk terbaru Indomie “Indomie Goreng Cabe Ijo” dengan menonjolkan unsur sehat dan back to nature. Keunggulan Indomie dibanding dengan produk lain antara lain: cita rasa nusantara yang khas, terbuat dari tepung yang berkualitas tinggi, rasa bumbu yang khas dengan kualitas premium, ekuitas pelanggan dan komitmen masyarakat yang tinggi terhadap produk Indomie.

3.2     Saran
          PT Indofood Sukses Makmur Tbk, Indomie harus meningkatkan kewaspadaan kepada produksi mie lain dengan melakukan promosi yang sangat agresif,  harus melakukan gebrakan yang sangat luar biasa, harganya di bawah dari produk lain, ditambah keunggulan-keunggulan lain, menentukan kualitas produk, memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi mengenai kebutuhan dan keinginan konsumen yang heterogen, sehingga dapat mengetahui dengan jelas kebutuhan dan keinginan konsumen tersebut sesuai dengan karakteristik dari masing-masing atau tidak. Melakukan riset pemasaran yang dilakukan terhadap konsumen, sehingga dapat diketahui kebutuhan dan keinginan konsumen akan suatu produk mie.




DAFTAR PUSTAKA

Dharmmesta, Basu Swastha dan Irawan. 2001.Manajemen Pemasaran Modern. Liberty : Yogyakarta.

Kotler Philip dkk. 2012. Manajemen Pemasaran Perspektif Asia, Buku Dua, Edisi Pertama. Andy : Yogyakarta.

Swastha, Basu dan Irawan, 2005, Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua,  Cetakan Kesebelas. Liberty Offset : Yogyakarta.







Untuk Versi Microsoft Word bisa di unduh di link bawah :
Bab II dan III - Download
dan
Bab I - Download

Untuk versi Powerpoint buat presentasi bisa di download di link bawah :
Powerpoint Manajemen Pemasaran - Download

Semoga bermanfaat...

Jika Anda merasa terbantu, silahkan donasi pulsa seikhlasnya ke no. 0895361666067
Hargailah kerja keras orang..!!

dan jangan lupa komentarnya ya sob..

{ 3 komentar... read them below or Comment }

  1. Materinya cocok ku aplikasikan untuk jualan CEKER COK ku... Yuk kunjungi website kami..
    Makasih admin, jgn lupa kunbal yahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

    BalasHapus
  2. Mau Dapatkan Uang Dengan Mudah...
    Yuk join bersama Rajabandarq, Situs Bandarq, DominoQQ, Poker Online terbaik di asia dengan 9 game yang paling seru...

    BalasHapus

- Copyright © Afa Blog's - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -