Sabtu, 05 Desember 2015

uwedzblog.com

Nokia X Dual Sim memang masih bisa dikatakan smartphone berbasis android. Meskipun berbasis android, tetapi smartphone keluaran nokia yang satu ini tidak bisa mengakses bahkan tidak ada Google Play. Biasanya, smartphone android seperti samsung, asus, lenovo, dan lainnya setiap membeli pasti udah ada aplikasi bawaan google, seperti play store ini. Tetapi tidak halnya dengan nokia x. Store di nokia x bernama ovi nokia store, yang memang sengaja disediakan oleh pihak Nokia itu sendiri. Tapi rasanya aplikasi-aplikasi di ovi nokia store nggak selengkap yang tersedia di google play atau yang biasa kita sebut dengan Play Store.
Karena masih penasaran dan "agak sedikit gregetan", kemarin malam, gue googling gimana cara pasang google play di nokia x dengan keyword yang beragam. Gue menemukan beberapa website yang ada tutorial yang gue cari. Singkat cerita, masuklah gue ke salah satu artikel yang ada di nokianesiablog.com. Tutorialnya rapih, link download tools yang akan digunakan juga tersedia. Tapi menurut gue pribadi, sebagai orang "awam", masih kurang dimengerti tutorial yang disajikan oleh nokianesiablog.
Gue nggak berhenti disatu website tadi, gue kembali googling dengan keyword beda dari yang sebelumnya. Gue kembali menemukan website yang menyajikan tutorialnya. Tapi lagi, masih kurang dimengerti. Gue coba googling lagi, dan munculah video dari youtube yang menyajikan tutorial yang gue cari. Gue pikir-pikir, kenapa nggak dari kemaren-kemaren aja ya cari tutorialnya di youtube (bego banget gue yak!). Tanpa pikir panjang, gue klik video itu, yang berjudul Install PlayStore Nokia X (Without Rooting) yang di upload oleh Faldy Fauzan.
Gue langsung play video itu tiga kali. Pertama dan kedua, gue tonton tanpa gue praktek. Karena apa?, biar gue bisa langsung ngerti dan nggak ada kesalahan saat dipraktekan nanti. Di video ketiga, baru deh gue tonton sambil gue praktekin cara yang disajikan di video tersebut.
Awal gue praktekin caranya, gue agak "deg-degan" juga sih.. Karena emang belum pernah ngoprek handphone.
Jadi...
Bagaimana cara Install PlayStore di Nokia X tanpa melakukan rooting terdahulu?
Sebelum mengikuti cara install play store nanti, yang perlu kita siapkan ialah:
  • Sebuah perangkat Nokia X tentunya
  • Kabel data
  • Nokia X Toolkit v1.00 by Ethan (download)
  • Nokia X USB Driver (download)

Kalo tools-toolsnya udah di download, simak langkah-langkahnya di bawah ini.
  1. Aktifkan USB Debugging pada perangkat (Settings >> Developer options >> Centang USB Debugging) dan jangan lupa aktifkan terlebih dulu Developer options nya
  2. Sambungkan perangkat dengan laptop/PC dengan kabel data yang udah disiapkan (pastikan sampai benar-benar tersambung)
  3. Buat 2 folder (di mana aja) baru pada laptop/PC, beri nama Nokia X Toolkit dan juga Nokia X USB Driver
  4. Ekstrak tools yang tadi udah di download ke dalam folder yang sebelumnya udah dibuat (klik di SINI kalo kurang ngerti)
  5. Buka folder Nokia X Toolkit, lalu klik 2x pada RUN.bat sampai muncul gambar seperti ini (klik di SINI untuk melihat gambar)
  6. Pilih yang nomor 12 - Google Play Services, lalu enter. Tunggu sampai proses selesai dan perangkat akan otomatis reboot dan otomatis masuk ke gappsnya
Oke.. semoga bermanfaat..

Sumber atau yg mau liat tutorial Videonya bisa disini  :
 http://www.uwedzblog.com/2015/04/akhirnya-bisa-akses-google-play-di-nokia-x.html



{ 1 komentar... read them below or add one }

- Copyright © Afa Blog's - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -